Wednesday, October 19, 2005

girah baca

lagi tinggi nih

sudah beberapa waktu belakangan ini gue belajar untuk menjadi penikmat buku, khususnya novel dan komik. beberapa bulan ini gue lagi tergila gila sama yang berbau samurai. udah ada beberapa buku (novel dan komik) yang gue beli komik pertama seri Samurai Deeper Kyo, lumayan menarik.

dalam samurai deeper ini diceritakan tentang kisah 2 orang anak manusia bernama Kyo dan Kyoshiro, yang terjebak dalam satu tubuh uniknya yang banyak menguasai tubuh ini adalah sang pendatang Kyo, si mata Iblis begitu ia biasa di sebut. yang paling menarik dari komik ini bagi gue adalah keberadaan sebuah klan yang menurut cerita merupakan sebuah klan yang mengatur Jepang dari balik layar. sebagai perpanjangan tangan mereka ciptakan penguasa-penguasa boneka. tapi sekarang ada keengganan bahkan ketidak mauan dari penguasa Jepang , kalo ga salah pada keshogunan ieatsu, untuk dijadikan boneka memaksa klan ini untuk menampakan diri dan melakukan berbagai kekacauan. Klan ini disebut klan Mibu dimana Kyo dan Kyoshiro adalah dua orang yang digadangkan untuk menjadi pimpinan klan Mibu.

komik ini yang memberi inspirasi gue untuk pulang kampung dan mengendalikan jakarta dari sana.. gue ingin mengendalikan jakarta tanpa nama... he he he he...

komik lainnya adalah Legenda Naga. perjalanan Shiro anak smp yang tersesat ke jaman Edo. dianggap sebagai anak naga pembawa kedamaian di dataran China. China yang sedang bergolak akibat adanya kekuatan yang berusaha untuk memusnahkan China, dengan jalan mengadu domba suku suku yang ada disana terutama suku China dan Monggol.

komik ketiga adalah Vagabond, komik yang didasari oleh karya Eiji Yoshikawa berjudul Musashi. bukunya males gue baca tebal banget euy! (sayang padahal udah beli). komiknya lumayan bagus tapi harganya lebih mahal dibanding komik lainnya..

gue juga beli dua novel karya Takashi Matsuoka, Samurai: Kastel Awan Burung Gereja dan Samurai: Jembatan Musim Gugur, yang bercerita tentang perjalanan hidup Genji keturunan klan Okumichi seorang Daimyo Akaoka yang mendapat kutukan setelah nenek moyangnya menikahi seorang penyihir bernama Lady Shizuka. kutukan itu adalah "satu dari setiap generasi klan Okumichi akan mampu untuk melihat pertanda masa depan".

habis itu gue baca kumpulan cerpen dari pengarang sunda mahiwal Godi Suwarna, Murang Maring. bener bener lain dari yang lain, sang pengarang dengan seenaknya mempertemukan tokoh-tokoh dalam berbagai cerita, seperti dalam cerpen Murang Maring, kang Godi mempertemukan Sangkuriang dengan Oedipus. ada kesamaan memang, mereka berdua jatuh cinta pada ibu mereka masing-masing bedanya kalo sangkuriang tidak sampai berhasil mengawini ibunya maka Oedipus bahkan mempunyai keturunan dari hasil hubungan dengan ibunya. bedanya lagi menurut cerita, Sangkuriang merasa diri dikucilkan di"teungteuingan" oleh sang Dewa dan masyarakat, sementara Oedipus dipuja.

terus akhir pekan kemarin gue dipinjemi novel Paulo Coelho, Veronica Memutuskan Mati, eh sori kalo salah judul, kelemahan gue dari dulu susah nginget judul, malah sempet gue lupa semua nama temen kuliah gue, parah. keren!!! mantaplah "keguguran" anggapan gue, bahwa baca novel ga akan mendapatkan banyak hal untuk dipelajari!

novel yang bercerita tentang seorang wanita, Veronica, yang muda, cantik, digandrungi laki-laki memutuskan bunuh diri gara-gara membaca sebuah artikel di majalah Home, yang mempertanyakan letak negara dia, Slovakia. tapi dapat tertolong dan dimasukan ke rumas sakit jiwa, villete, dan divonis akan mati dalam waktu 5 hari. banyak yang dapat kita renungkan dari novel ini. GILA, SEMANGAT HIDUP, TEMAN adalah beberapa contohnya. satu hal yang paling kena ke gue, dalam novel ini gue mendapat : lakukan saja apa yang ingin lo lakukan, jangan terlalu mikirin orang lain, kalao orang lain ga suka mereka akan bilang, kalo mereka ga ngomong, itu salah mereka sendiri. kena banget karena selama ini gue paling takut bertindak karena ga mau bikin orang lain terganggu, terhina, tersinggung.

kemarin, resepsionist kantor gue nelpon, ada kiriman barang buat gue. ternyata, pesenan gue dari inibuku dateng. empat buku gue dapetin.

yang pertama, Rampokan Jawa karya Peter Van Dongen, sebuah novel grafis yang menceritakan seorang belanda, johan knevel yang kembali ke tanah kelahirannya, Jawa, untuk mencari romantisme dia waktu kecil. gue paling suka sama penggambaran Jakarta tempo dulu, ada gambar bioskop Megaria euy!

yang kedua, karya ilmiah populer tulisan Coen Hussain Pontoh, Malapetaka Demokrasi Pasar. kalau kita men"juri" dari sampulnya sih keliatannya agak kekiri-kirian, merah sama ada kesan buram khas PKI he he he he. gue baru baca awalnya, kayanya satu buku itu isinya menelanjangi kebusukan demokrasi pasar, NEOLIBeralisme. bukan kayaknya ya?? emang seharusnya begitu la judulnya aja Malapetaka Demokrasi Pasar :D.

dua buku lainnya adalah karya besar Mario Puzzo, trilogi buku tentang mafia Italia yang hijrah ke Amerika Serikat. tapi sayang baru buku 1 dan 3 saja. buku duanya kemarin stoknya habis. buku inilah yang mengilhami salah satu trilogi film legendaris karya Francis Ford Coppola, God Father.

hmmmm, ada PR nih buat akhir pekan, ditambah lagi tadi dipinjemi masterpiecenya YB Mangunwijaya, Burung-burung Manyar. he he he he pokonya wik en kali ini PUAS!!

1 Comments:

Anonymous Anonymous said...

*****************
Alus lah, ngondrongan janggot, eh..!! borondong bagong!.. euhh!! borondong jagogong!! tah eta!!!.

heuheuheuh

-uing-
*Jang!!! naha ningan komment na malah iklan!!.... :P
*****************

October 19, 2005  

Post a Comment

<< Home